YAYASAN MANDIRI

» Home

» About

» Services

» Jobs

» Contact

Sejarah Singkat

Yayasan Mandiri berdiri pada tanggal 21 Desember 1979. Yayasan ini dibentuk oleh 21 orang anggota pendiri. Pada waktu itu, semua anggota pendiri adalah mahasiswa Institut Teknologi Bandung.

Dasar pemikiran Yayasan Mandiri adalah: Sumber alam dan teknologi yang merupakan rahmat Tuhan Yang Maha Esa adalah unsur unsur yang seharusnya dipadukan dan dikembangkan manusia untuk kesejahteraan. Kesejahteraan yang menjadi cita-cita dari kemerdekaan bangsa Indonesia.

Kegiatan Yayasan Mandiri pada awal tahun 1980an terdiri dari berbagai penerapan teknologi tepat guna. Proyek pengadaan air di Pondok Pesantren Pabelan, Jawa Tengah, misalnya, terdiri dari beberapa paket teknologi. Dalam proyek ini digunakan pompa Hidram untuk menaikkan air setinggi 12 meter, teknologi fero semen dan bambu semen untuk membuat tanki penampungan air, serta pembuatan jaringan distribusi air dari beton.

Selain pompa Hidram dan fero semen, yang kemudian dikembangkan untuk berbagai kapasitas dalam penerapan penerapan lain, juga dikembangkan teknologi teknologi seperti: digester biogas, kincir angin Savonius, penetas telor puyuh, perahu terpal, perontok padi, pengering surya, penyulingan minyak cengkeh dan bunga cempaka, cetak sablon, pembuatan manisan/sirup/selai, dan pompa tali.

Pada pertengahan tahun 1980, kegiatan Yayasan Mandiri telah melibatkan lebih dari seratus anggota. Sebagian anggota telah dapat mengikuti berbagai program pelatihan teknologi dan manajemen. Kerjasama telah dilakukan dengan organisasi didalam dan diluar negeri. Diantaranya: program pengembangan industri kecil, bekerjasama dengan Departemen Perindustrian, LIPI, ATI, CRET, ITDG, dan PT Bahana; program pemahaman linkungan hidup, bekerjasama dengan KLH dan WALHI; program sistim informasi, bekerjasama dengan Asia Foundation, Pikiran Rakyat, Ford Foundation, VIA, dan SATIS; dan program pengembangan energi, bekerjasama dengan LIPI dan CDP.

Pada tahun 1990an anggota-anggota Yayasan Mandiri telah menyebar diseluruh Indonesia. Mereka mulai mendirikan organisasi organisasi penerapan teknologi tepat guna dengan spesialisasi pilihannya. Terbentuklah berbagai yayasan dan usaha milik anggota Yayasan Mandiri yang masih terus bertambah sampai saat ini.

Yayasan Mandiri pada tahun 2000an adalah organisasi yang telah sarat dengan pengalaman dan memiliki pakar dan nara sumber diberbagai bidang teknologi dan pengembangan masyarakat. Pada saat ini, program yang sedang dalam tahap perencanaan/pelaksanaan diantaranya adalah: bantuan kepada korban tsunami di Aceh berupa teknologi sanitasi linkungan, penghutanan dan pembibitan kembali lahan lahan terlantar, dan laboratorium alam untuk teknologi teknologi terapan.

Setelah lebih dari 25 tahun bergerak dalam bidang teknologi tepat guna dan pengembangan masyarakat, Yayasan Mandiri masih terus berkembang dan aktif dengan program program inovasi terbaru.

Home | About | Services | Jobs | Contact | Privacy
2007 Yayasan Mandiri. All rights reserved. Website Template by
Hoover Web Design.